Laporan Praktikum 5 - Polygon Modelling

Tujuan

Membuat model 3D menggunakan teknik Polygon Modelling

Alat

Blender 2.73a

Dasar Teori

Ada banyak teknik 3D modeling, diantaranya:
1. Polygon Modelling
2. Sculpting

Polygon Modeling

Polygon modeling menggunakan polygon sebagai bentuk dasar untuk pembuatan model 3D. Seperti pada referensi ini Pada referensi tersebut, kegiatan modeling dimulai dengan memilih primitive. Bisa disebut juga primitive modeling. Primitive modeling biasanya dilanjutkan dengan polygon editing. Dalam blender, biasa disebut dengan Edit Mode atau shortcut-nya tombol TAB.

Diantara teknik polygon modelling antara lain:

  1. Membuat kursi menggunakan primitive only
  2. Membuat kursi menggunakan polygon editing dengan pendekatan additive modeling
  3. Membuat kursi menggunakan teknik polygon editing dengan pendekatan subtractive modeling
  4. Membuat meja dengan kombinasi pendekatan additive dan subtractive
  5. Membuat kursi versi 2 dengan teknik polygon editing


Sculpting
Sculpting menggunakan pendekatan artist lilin/malam untuk setiap menu yang disediakan oleh softwarenya.

Hasil Praktikum

Percobaan Kursi 1

Percobaan Kursi 2


Percobaan Kursi 3

Percobaan Kursi 4

Percobaan Meja 1

Percobaan Meja 2
Analisa

Untuk membuat sebuah kursi, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian, apalagi bila membuat kursi dengan primitive modelling. Menurut saya, lebih mudah membuat 3D modelling menggunakan teknik pollygon dibandingkan menggunakan primitive modelling, karena dalam primitive modelling, kita harus menscale satu-per-satu objek menurut sumbu x, y, z untuk membentuk objek yang kita inginkan. selain itu, antar object tidak saling berkaitan atau terhubung, sehingga mempersulit kita untuk menata satu-persatu object menjadi sebuah kursi atau meja.

REFERENSI
http://www.mohhasbias.com/praktikum-5-polygon-modelling/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 5 - Head Turn with Anticipation

Animasi Karakter & Motion Graphics

Tugas Jurnalistik Galeri Foto