Laporan Praktikum 6 - 3D Modeling menggunakan Blender





Tujuan

Membuat model 3D menggunakan modifiers pada Blender


Alat

Blender 2.73a


Dasar Teori

Ada banyak bentuk Polygon Modeling, diantaranya:
1. Primitive Modelling
2. Polygon Editing
3. Modifiers

Primitive Modeling
Primitive modeling adalah bentuk teknik modeling paling sederhana dimana komponen yang dimanipulasi/diubah-ubah adalah bentuk-bentuk primitif seperti kubus, silinder, kerucut, torus, dan bola.

Polygon Editing
Polygon editing adalah teknik modeling dengan manipulasi polygon. Alat yang biasa digunakan adalah extrude dan loop cut. Selain itu manipulasinya juga dilakukan pada titik(point/vertex), garis(edge), ataupun sisi(face).

Modifiers
Salah satu fasilitas 3D modeling menggunakan blender adalah adanya modifiers. Modifiers merupakan fasilitas untuk membuat sebuah model tanpa harus membuat seluruh polygon yang diperlukan. Beberapa modifiers yang umum digunakan antara lain mirror, subdivision, dan array.


HASIL PRAKTIKUM

1. Mangkok - menggunakan subdivision Modifier


2. Pitcher - menggunakan subdivision Modifier



3. Teko - menggunakan subdivision Modifier


4. Kursi - menggunakan subdivision Mirror Array


KESIMPULAN

Sebenarnya dalam membuat 3d modeling itu mudah bila sudah tahu tool yang digunakan dan tahu bagaimana cara membuatnya. Seperti yang sudah saya lakukan, setelah saya melihat tutorial yang menjadi referensi di praktikum ini, saya menjadi tahu cara pembuatannya dan untuk selanjutnya saya mencoba sendiri dengan cara yang sudah dicontohkan pada tutorial. Saya menggunakan bantuan backgound image untuk membantu saya dalam membuat bentuk bendanya agar terlihat realistis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 5 - Head Turn with Anticipation

Animasi Karakter & Motion Graphics

Tugas Jurnalistik Galeri Foto