Animasi Karakter & Motion Graphics


Animasi Karakter


Animasi karakter merupakan sebuah cabang khusus animasi. Animasi karakter semacam ini yang Anda lihat dalam film kartun. Animasi ni berbeda dengan animasi lainnya, misalnya grafik bergerak, animasi logo yang melibatkan bentuk organic yang komplek dengan penggandan yang banyak, gerakan yang herarkis. Tidak hanya mulut, mata, muka dan tangan yang bergerak tetapi semua gerakan pada waktu yang sama.

Contoh dari Animasi Karakter 2D :

  1. Naruto 
  2. Shincan 
  3. Doraemon 
  4. Detective Connan 
  5. Sailor Moon 
  6. Dragon Ball 
  7. Dora The Explorer 
  8. Captain Tsubasa 
  9. Avatar 
  10. Curious George 

Motion Graphics

Pengembangan dari seni graphic design yaitu motion design, konteksnya adalah motion graphic sebagai film, video atau computer animation. Termasuk di dalamnya adalah tipografi dan grafis yang bisa dilihat sebagai titles untuk film, pembuka program televisi, bumper dan elemen-elemen grafis yang muncul di layar kaca

Contoh dari Motion Graphics :
  1. MTV Bumper
  2. Tipografi Kinetik

Dari uraian diatas, kita dapat membedakan antara Animasi karakter dengan motion graphics, kalau Animasi karakter lebih memfokuskan pada gerak detail karakter seperti berbicara, memandang, gerakan tangan, badan sehingga menojolkan karakteristik dari si tokoh. Sedangkan Motion graphics merupakan grafis yang bergerak, lebih kepada tipografi yang menjadi objek yang digerakkan, meskipun motion graphics bukan hanya tentang tipografi.

REFERENSI
http://research.amikom.ac.id/index.php/karyailmiahdosen/article/view/1856
http://veranikabudiman.blogspot.com/2013/10/apa-itu-motion-graphic.html#ixzz3C6VW4TeH
http://red-string.blogspot.com/2011/03/film-kartun-dan-klasifikasinya.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 5 - Head Turn with Anticipation

Tugas Jurnalistik Galeri Foto