Prak 01 – HTML5 Audio Tag

1. Tujuan

Mengenal cara menyajikan file audio menggunakan HTML5

2. Alat

Notepad++

3. Bahan

Stance Gives You Balance by Hogan Grip download info

4. Dasar Teori

- HTML
HTML adalah kependekan dari Hypertext Markup Language dan pengertiannya adalah sekumpulan text atau file ASCII yang berisi intruksi atau perintah program untuk web browser untuk menampilkan tampilan grafis sebuah halaman website. File HTML dapat dibuat menggunakan aplikasi text editor pada semua system operasi,contohnya adalah Notepad di windows atau simple text di Macintosh. HTML merupakan cross platform karena walau pembuatannya menggunakan operating system tertentu, namun akan memiliki tampilan yang sama disemua operating system.

- HTML5
HTML5 adalah Generasi selanjutnya dari HTML sebelumnya. HTML5 diciptakan dalam pengembangan bahasa HTML untuk memperbaiki konten dan memperbarui teknologi multimedia yang sudah ada padaHTML 4 dan versi sebelumnya agar mudah dijalankan oleh browser dan mudah dimengerti. HTML5merupakan kerjasama antara World Wide Web Consortium (W3C) dan Web Hypertext Application Teknologi Working Group (WHATWG). WHATWG bekerja dengan bentuk web dan aplikasi, dan W3Cbekerja dengan XHTML 2.0. Pada tahun 2006, mereka memutuskan untuk bekerja sama dan membuat versi baru dari HTML yaitu HTML5.

Struktur dari HTML5
Sumber : http://under-88.blogspot.co.id/2012/05/definisi-dan-pengertian-html5.html#axzz41uFxGScx
- HTML Tag
Tag HTML pada umumnya dibuat berpasangan, ada tag pembuka dan ada tag penutup. Format umum tag HTML adalah :

<nama_tag> Teks yang akan ditampilkan </nama_tag>

Sebuah contoh, misalnya judul halaman ini menggunakan tag header : 
<h3> Apa itu tag HTML ? </h3>

Tag tersebut akan memberikan informasi kepada web browser untuk menampilkan teks "Apa itu tag HTML ?" dengan style header level 3. Tag HTML dapat menginstruksikan web browser untuk menebalkan sebuah teks (bold), menampilkan dengan format miring/italic, membuatnya sebagai sebuah header dengan level tertentu, atau membuatnya sebagai sebuah hyperlink ke halaman web yang lain.

Sebuah tag penutup </nama_tag> selalu diberikan karakter "/", yang berfungsi untuk memberhentikan proses tagging kepada web browser. Banyak tag HTML yang selalu berpasangan dengan cara seperti ini. Bila kita lupa memberikan tag penutup maka web browser akan menganggap bahwa tag tersebbut berlaku untuk keseluruhan dokumen dan hasil tampilan halaman web tersebut tidak seperti yang kita inginkan.

- HTML5 Audio Tag

HTML audio element menunjukkan sebuah sound atau audio yang dapat disisipkan pada halaman web dan diputar untuk didengarkan. Modern browser mendukung beberapa format file audio diantaranya: mp3, ogg dan wav. Konten lain (seperti teks) dapat disisipkan untuk browser yang tidak mendukung HTML5 audio, dan apabila audio file tidak dapat diputar, maka konten ini akan muncul sebagai gantinya (fallback).
http://dul.web.id/belajar/html/tag-element/audio.php
5. Hasil Praktikum
Percobaan 1


Percobaan 2
6. Kesimpulan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 5 - Head Turn with Anticipation

Animasi Karakter & Motion Graphics

Tugas Jurnalistik Galeri Foto