Laporan Praktikum 14 - 3 Point Light Setup

1. TUJUAN
Mengenal tata lampu pada media 3D melalui praktek tata lampu 3-point lighting

2. ALAT
Blender 2.7+

3. BAHAN
Sintel Lite by BenDansie

4. DASAR TEORI
A. Lighting Component
Salah satu komponen lighting adalah shadow. Shadow memberi informasi bentuk bagi sebuah objek.
Shadow juga berfungsi sebagai informasi posisi objek terhadap environment.
Penguasaan shadow, akan membantu kita untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

B. Lighting Setup
Lighting setup adalah tata lampu yang melibatkan satu atau lebih lampu yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda untuk mencapai tujuan yang sama.
Dalam 3 point lighting, terdapat 3 lampu yang digunakan. Masing-masing lampu tersebut ada yang berfungsi sebagai key light, fill light, dan back light.
fungsi dari masing-masing lampu adalah sebagai berikut:
  • Key light berfungsi sebagai sumber cahaya utama
  • Fill light berfungsi untuk membuat shadow dari key light menjadi lebih soft
  • Back light berfungsi untuk membuat outline dari objek
Gunakan simulator ini untuk melihat efek dari masing-masing lampu.
secara umum tata lampunya relatif terhadap objek dan kamera adalah sebagai berikut


Hasil Percobaan
3 point lighting
back lighting
strength = 50
fill lighting
strength = 5
key lighting
strength = 10

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 5 - Head Turn with Anticipation

Animasi Karakter & Motion Graphics

Tugas Jurnalistik Galeri Foto